Strategi Membangun Personal Branding Dalam Bisnis

strategi membangun personal branding dalam bisnis

jasa pembuatan website di jakarta pusat - Menerapkan Kiat Membangun Personal Branding Dalam Bisnis yaitu salah satu kunci dalam menjangkau keberhasilan melakukan bisnis, tidak kecuali apa pun bisnis yang kita lakukan.

Dalam bhs sederhananya Personal branding dapat disimpulkan sebagai “reputasi”, berarti bila ingin disadari oleh orang yang lain pastinya kita harus memiliki personal branding yang baik dan unik. Personal branding ini harus dipunyai oleh setiap orang bila ia ingin mempromosikan dianya pada perusahaan atau instansi yang dincarnya, tidak cuma untuk pribadi tetapi personal branding juga diperlukan ketika ingin buka atau tengah menggerakkan sebuah bisnis apa pun.

Dalam suatu bisnis, Personal Branding semakin lebih megarah pada product/jasa yang di tawarkan, makin baik personal branding yang dipunyai maka juga akan makin berhasil bisnis yang ditangani. Personal branding pribadi/sendiri sangat berpengaruh dalam menggerakkan sebuah bisnis, nah berikut ini ada beberapa tips kiat membuat personal branding dalam sebuah bisnis.

1. Perkenalkan siapa dan apa bisnis yang dikelola

Pertama kalinya yang perlu dilakukan ketika kita juga akan mulai suatu bisnis yaitu memperkenalkan diri dan bisnis apa yang juga akan di buat. Seperti kata pepatah “tak kenal maka tidak sayang”, bila orang yang lain tidak mengetahui type bisnis yang di buat dan siapa pelopornya, hal semacam ini pasti jadi kesangsian sendiri pada product/jasa yang di tawarkan. Mengapa? ya, karena kita masih tetap orang baru yang belum juga sempat dikenal sebelumnya.

Dalam sebuah bisnis, image pelopor bisnis jadi salah satu kunci keberhasilan untuk bisnis yang dibuatnya. Jadi contoh saja bila seseorang pakar pijat keluarkan sebuah product makanan, lalu ada seseorang chef yang keluarkan product makanan yang sama. Menurut Kamu, product makanan siapakah yang juga akan diambil? jadi orang-orang yang cerdas, pastinya product makanan yang di keluarkan oleh chef-lah yang juga akan diambil dengan pertimbangan latar belakang dan ketrampilan yang dipunyainya, bukan? Tersebut penyebabnya mengapa demikian pentingnya membuat personal branding ini dari sejak awal mulai suatu bisnis.

Lihat juga : jasa pembuatan website di jakarta pusat

2. Katakan tentang pendapat orang yang lain pada bisnis yang dikelola

Salah satu kunci keberhasilan seorang ketika menggerakkan sebuah bisnis yaitu image bisnis tersebut. Berarti, makin banyak komentar positif dari orang yang lain tentang bisnis yang di buat, maka juga akan makin besar juga kesempatan bisnis itu untuk berhasil.

Jadi contoh : ada 2 toko (A dan B) yang jual suatu type product yang sama namun dengan kwalitas yang berlainan, nah sebelumnya melakukan pembelian product, terkecuali Kamu ingin tau harga dan manfaat produknya, pasti Kamu juga ingin tau dan lihat juga beragam komentar (testimoni) atau referensi dari orang yang sempat beli product itu jadi penambahan rujukan Kamu, bukan?

Dalam hai ini, katakanlah Toko A didominasi oleh komentar positif dengan hanya 1 atau 2 komentar saja yang negatif dan itupun bukanlah terjadi problem di produknya, sedang toko B rata-rata didominasi oleh komentar negatif. Dengan hal tersebut maka peluang besar product yang juga akan banyak diambil yaitu dari toko A, karena walau toko B tawarkan product yang sama tetapi pencitraan yang dipunyai toko itu masih tetap rendah.

3. Buat merk sendiri untuk product/jasa yang ditawarkan

Jadi seller sebuah product/jasa tidaklah hal yang jelek, hal itu dapat dilakukan jadi langkah awal dalam sebuah karier. Setelah cukup berhasil jadi seller, Kamu dapat buat product/jasa sendiri dengan merk (brand, kwalitas, dan keunikan) yang unik dibanding yang lain. Orang-orang suka sekali mencari sebuah product yang unik tetapi berkwalitas, oleh karena itu makin unik dan berkwalitas product yang di tawarkan, maka juga akan makin banyak orang-orang yang juga akan mencari product Kamu.

4. Punyai jaringan yang luas

Agar lebih di kenal oleh orang-orang yang luas, pastinya jadi owner bisnis yang tengah berkembang, kita harus juga memiliki jaringan hubungan kerja yang luas. Jaringan hubungan kerja ini dapat dibuat bahkan juga sebelumnya mulai bisnis, langkahnya dapat dengan mendekati beberapa orang yang memiliki type bisnis yang sama atau beberapa orang yang telah memiliki pengalaman dalam bisnis sama. Dengan terdapatnya jaringan yang luas ini, maka aktivitas bisnis semakin lebih mudah untuk dilakukan.

5. Turut gabung dalam beragam komune dan sering-seringlah sharing dengan yang lain

Salah satu kiat membuat brand yang baik yaitu dengan ikuti beragam komune bisnis yang sama, juga akan sangat menolong dalam menggerakkan bisnis. Oleh karenanya, tak ada kelirunya bila kita harus juga sering-seringlah berbagi dengan pelaku bisnis beda dan janganlah malu maupun sangsi untuk memohon pendapat dan pengalaman pelaku bisnis beda yang telah lebih dahulu mulai karier (memiliki pengalaman).

Harus di akui memang, agar bisa membuat personal branding yang baik itu tidaklah pekerjaan yang mudah dan instan, namun bukanlah juga suatu hal yang sangat susah untuk dilakukan. Dasarnya kita harus siap dan ingin melalui semua akhirnya, dengan beragam step dan melakukan trial and error untuk memperoleh personal branding yang baik. Bahkan juga ada beberapa pelaku bisnis yang perlu rasakan jatuh bangun terlebih dulu sebelumnya bisnisnya itu betul-betul dilirik oleh orang-orang luas. Kunci utama dalam membuat personal branding dalam bisnis yaitu profesionalisme dalam kwalitas ataupun service.

0 komentar: