Jenis - Jenis Buah Nanas

Image result for Perbedaan Buah Nanas Madu dengan Nanas Biasa

nanas madu pemalang - Untuk membedakan nanas diliat dari bentuk daun dan buah di kenal 4 type nanas, salah satunya ;

1. Cayenne

Cirinya yaitu daunya halus, tidak berduri, buahnya cukup besar.. Khusus untuk nanas Cayenne yang ditanam di daerah Subang, buahnya lebih manis dari pada nanas Queen. Varietas Cayenne di kenal di banyak daerah di Indonesia dengan nama berlainan. Seperti Cayennelis (Palembang dan Salatiga). Sukai Menunggu (Bukit Tinggi), Serawak (Tanjung Pinang dan Pacitan), Bogor (Pontianak, Probolinggo, dan Purbalingga), dan Paung (Palangkaraya). Namun hanya di Subang perkembangan Cayenne sangat baik hingga sebutan nanas Subang seakan identik dengan nanas Cayenne.

2. Queen

Cirinya yaitu daunya pendek, berduri tajam, buah berupa lonjong. Nanas Queen banyak ditanam di lokasi Bogor dan Palembang. Nanas Queen memiliki rasa yang lebih manis dari pada nanas Cayenne dan memiliki daun yang berduri. Varietas Queen yang paling di kenal adalah nanas dari Bogor (gati, kapas, dan kiara), nanas Palembang, dan batu dari Kediri. Daerah beda yang didapati varietas ini yaitu : Pontianak (nanas cina), Palangkaraya (nanas betawi), Purwokerto (nanas batu), Kediri (nanas bali/jawa), Jember (monserat dan bali), Bondowoso (kidang dan uling), Sumenep (durian), dan Salatiga (nanas bogor).

3. Spanyol atau Spanish

Cirinya yaitu daunya panjang kecil, berduri halus sampai kasar, buah bulat dengan mata datar. Dari varietas ini yang banyak di kenal adalah nanas merah dan hijau (Bondowoso), rakyat merah dan rakyat hijau (Purwokerto). Nanas ini pun didapati di Bukit Tinggi (yang dimaksud gadut), Bali (madu dan kebo), Pontianak (towon, umum, barak, tembaga, dan emas), Palangkaraya (bubur), Sukamere (kampung), Bangkalan (maduh, ragunan, kerbau), Kediri (jawa) Bondowoso (kuning), Sumenep (lomot), Kendal (sukun dan kaliwungu).

4. Abacaxi

Type nanas yang banyak ditanam di Indonesia yaitu kelompok Cayenne dan Queen, disamping itu, kelompok Spanish diperkembang di kepulauan India Barat, Puerto Rico, Mexico, dan Malaysia. Terdapat dua varietas yang telah lama diperkembang di Indonesia yakni nanas Queen dan nanas SmoothCayenne

0 komentar: