7 Tips Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Nyeri Saat Haid

Image result for 7 Tips Ini Dapat Membantu Anda Mengatasi Nyeri Saat Haid

cara meredakan nyeri haid hari pertamaPada hakekatnya wanita mengalami hal yang sangat berat selama hidupnya, misalnya ketika wanita melalui fase-fase alami saat pertama alami haid, pertama kalinya berhubungan intim, ketika tengah memiliki kandungan sampai pada akhirnya melahirkan dan mendekati menopause.

Salah satu problem yang tidak ada henti yaitu ketika wanita rasakan sakit di ruang perut saat mendekati, atau tengah alami haid. Itu memang sering terjadi tetapi yang membedakan dan membahayakan yaitu sakit yang mengganggu kesibukan pekerjaan atau sekolah.

Nyeri haid terbagi dalam 2 kelompok, yakni primer dan sekuner. 

Nyeri haid primer yaitu nyeri yang paling umum dihadapi oleh setiap wanita, yaitu dari dismenore tanda sakit yang dihadapi dibagian perut bawah dan biasanya terjadi 1 sampai 2 hari mendekati haid.
Nyeri haid sekunder yaitu nyeri yang terjadi 2 hari sebelumnya atau setelah haid, nyeri pada sekitar panggul dan organ dalam. Ciri-cirinya nyeri juga akan makin terasa ketika tengah haid dan juga akan menghilang 2 hari setelah haid berhenti.

Baca : latihan yoga untuk memperbesar payudara

Nyeri yang terjadi pada wanita mendekati haid yaitu ada kontraksi pada uterus sampai terjadi pelepasan zat kimia yang umum dimaksud prostaglandin. Tingginya kandungan itu mengakibatkan wanita alami sakit kepala sampai merasa mual.

Biasanya wanita yang alami dismenore rasakan sakit pada punggung dan alami kram dibagian perut, karena ketika tengah alami haid tulang punggung terasa lemah. Hal yang terjadi memang normal, tetapi bila kesibukan kamu terganggu dengan rasa sakit ketika haid, lebih baik kamu cepat minum obat, tetapi bila dengan minum obat rasa sakit itu masih tetap ada, peluang besar rasa sakit itu karena aspek beda.

Tanda Yang Terjadi Ketika Tengah Alami Haid :

1. Pusing
2. Mual
3. Cepat Stress/depresi
4. Cepat alami kelelahan
5. Payudara membengkak
6. Nyeri di bagian perut bawah

Cara Menangani Nyeri Saat Haid :

1. Konsumsi Obat Pereda Nyeri Haid 

Saat ini telah banyak apotik yang jual obat atau minuman untuk kurangi nyeri saat haid, obat-obatan ini berbentuk analgetik atau pereda rasa sakit dan antipiretik untuk meredakan demam. Obat-obatan itu cepat bereaksi pada badan. Kamu dapat membelinya sesuai sama resep dokter.

2. Kunyit Asam 

Kunyit asam yaitu ramuan tradisionil yang sudah dipakai oleh wanita mulai sejak jaman dahulu. Kunyit dipercayai dapat meredakan rasa nyeri ketika datang haid dan dapat menangani keputihan juga. Diluar itu faedah lainnya dari kunyit dapat beri kesegaran badan kamu. Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu dapat beli serbuk kunyit asam di toko jamu atau dapat pula kamu buat sendiri, kamu cukup beli kunyit, asam jawa dan gula merah. Parut beberapa ruas kunyit, lalu berikan sedikir air, lalu peras dan ambillah air sarinya. Lalu berikan asam jawa dan berikan gula merah sesuai sama apa yang diinginkan. Rebus sampai mendidih lalu jamu kunyit asam siap diminum, untuk kurangi nyeri baiknya kamu minum ketika hangat.

3. Kompres Hangat 

Bila nyeri haid tidak tertahankan, maka kamu dapat meneruskan dengan kompres air hangat ke bagian perut bawah kamu. Kompres dapat dilakukan dengan botol kompres yang diisi air hangat lalu lekatkan di bagian yang nyeri, atau mungkin dengan handuk hangat tidak lupa dibarengi dengan pijatan kecil di bagian itu, hal semacam ini bermanfaat untuk merileksasikan bagian otot-otot yang tegang dan memperlancar peredaran darah didaerah itu, sampai nyeri juga akan mulai menyusut.

4. Komsumsi Makanan Yang Memiliki kandungan Zat Besi 

Saat wanita menstruasi sangat riskan alami anemia. Hal semacam ini dapat di antisipasi dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi, misalnya bayam, kacang-kacangan, daun singkong, hati ayam, ubi merah, kangkung, buah aprikot, buah jeruk, roti gandum, kismis, buah prune, kacang kedelai, daging sapi, ikan dan banyak sekali lagi. Hal semacam ini bermanfaat untuk menukar darah yang terbuang karena haid. Terkecuali makanan, minum air putih yang cukup dapat juga menolong menjaga keadaan badan agar tetaplah fresh dan terlepas dari dehidrasi. Jauhi minuman berkafein, es dan minuman bersoda.

Baca juga : dampak buruk merokok bagi wanita

5. Berbaring 

Kamu dapat coba berbaring ditempat tidur atau sofa, biasanya rasa nyeri terkecuali daerah perut yaitu daerah punggung kamu, berbaring yaitu salah satu cara paling simpel untuk beristirahat sesaat, pakai bantal untuk menyokong lutut dan ambillah nafas dalam-dalam lalu hembus perlahan-lahan kerjakan hal semacam ini berkali-kali sampai kamu merasa santai dan nyaman.

6. Berolahraga Ringan 

Berolahraga enteng yang bisa menolong meredakan nyeri yaitu jalan kaki selama 30 menit, begitu kamu buat pergerakan otot hingga dapat tingkatkan denyut jantung dan dapat memperlancar aliran darah juga tingkatkan metabolisme badan. Terkecuali jalan kaki berolahraga jogging juga salah satu berolahraga alternatif untuk kamu yang alami nyeri saat haid. Tetapi untuk kamu yang suka dengan berolahraga yang tenang tanpa ada banyak bergerak, kamu dapat cobalah berolahraga Yoga, yang konsentrasi ke pernapasan. Ke-3 berolahraga itu sangat bermanfaat untuk kurangi rasa nyeri ketika haid, karena dapat merileksasikan otot-otot dan tingkatkan sirklus aliran darah.

7. Istirahat Yang Cukup 

Dengan istirahat beberapa hal tidak terduga yang diperoleh, misalnya kesegaran badan, fikiran yang jauh dapat lebih konsentrasi, metabolisme badan yang cukup, meminimalkan badan terserang penyakit. Nyatanya bukan sekedar manusia yang memerlukan istirahat, organ-organ badanpun memerlukan istirahat untuk hadapi hari-hari yang penuh kesibukan. Hal semacam ini berkaitan dengan nyeri pada haid, dengan istirahat yang cukup dapat memimalisir otot-otot badan tegang, tetapi bila kamu telah cukup tidur namun masih tetap saja alami sakit, sebaiknya kamu sempatkan diri 1 jam untuk tidur di siang hari.

0 komentar: