Tips Mendidik Anak Aktif Menjadi Kreatif

Image result for Tips Mendidik Anak Aktif Menjadi Kreatif

cara mendidik anak agar kreatif - Anak yang aktif terkadang menggemaskan. Ada saja polah tingkah mereka yang dapat buat kita tersenyum. Tetapi apabila sangat dilewatkan akan makin jadi. Apabila kita memberlakukan alur asuh yang salah, mungkin saja anak aktif itu menghadap pada anak “bandel”. Lagu bagaimana untuk menangani atau mendidik anak aktif ini? Salah nya ialah merubah mereka jadi anak yang kreatif. Bagaimana langkahnya? Ikuti beberapa tips berikut ini :

Janganlah membatasi anak dengan adanya banyak larangan 

Anak yang aktif yaitu anak yang menyukai bergerak. Itu telah jadi sifat dari sang anak. Apabila kita sangat banyak memberi ini dan itu, pasti dia akan terasa ada seperti kerangkeng yang membelenggu badannya. Mungkin ada kalanya dia akan menuruti ketentuan itu. Tetapi apabila ada beberapa hal yang membuatnya kecewa, dia dapat beralih jadi anak yang tidak ingin tahu ketentuan, dan seolah-olah dia akan tumbuh jadi anak yang pemberontak. Anak yang aktif umumnya butuh…..

Pengarahan yang logis 

Anak yang aktif umumnya anak yang termasuk pandai. Karena otak mereka tidak sempat berhenti bekerja apabila itu dapat diarahin ke beberapa hal yang positif akan jadi satu keunggulan untuk sang anak. Beri beberapa nasehat yang positif pada sang anak, tidak ada unsur emosional dari diri kita. Maka kita harus……..

Menasihati Anak Dalam “ketenangan” 

Ketenangan disini mesti diawali dari diri kita. Saat sang anak lakukan kenakalan, mungkin kita akan terasa kesal, tetapi jangan pernah kita segera melabrak sang anak dengan kalimat yang bernada membentak. Tetapi coba untuk menentramkan diri kita sendiri terlebih dulu, dan menasihati anak dalam kondisi tenang. Tetapi apa apabila sang anak yang emosinya tinggi, misalnya dia berkelahi atau berkelahi dengan rekannya, maka kita mesti memisahkan dahulu sang anak dari “musuhnya”. Tenangkan emosi sang anak, lantas kita baru memberi nasehat padanya. Yang perlu jangan pernah kita ikutan emosi. Dan itu begitu membutuhkan…………

Baca juga : ternak menguntungkan modal kecil

Kesabaran dan ketekunan 

Sabar disini mungkin telah disibakkan pada point diatas, tetapi apabila dibarengi ketekunan pasti tidak gampang. Karena mungkin sang anak akan tetaplah lakukan kekeliruan yang sama. Tapi… Tersebut anak-anak. Jangan pernah kita jemu bersabar ketika sang anak lakukan kekeliruan.

Bukan sekedar hingga di situ. Kita harus juga menyempatkan diri kita untuk….

Memberi berlibur yang kreatif 

Berlibur yang kreatif tidak mesti mahal, tetapi yang terutama yaitu sesuai sama ketertarikan anak. Hal semacam ini bahkan juga dapat dikerjakan di rumah. Misalnya dengan berkebun, mendekorasi rumah, buat kreasi pernik-pernik, dan banyak sekali lagi. Jika memang perlu kita juga mengajak anak liburan diluar rumah, misalnya ke obyek wisata yang mempunyai permainan outbound. Anak-anak aktif umumnya akan suka pada hal semacam ini, karena semua “emosi dan jiwa” mereka dapat tersalurkan dengan baik. Diluar itu, dari pembinaan kakak outbound, anak akan memperoleh banyak pelajaran mengenai makna hubungan kerja, toleransi, sosialisasi, dan sebagainya. Anak aktif harus juga mempunyai moral dan norma yang baik kan? Diluar itu dibutuhkan juga….

Permainan Kreatif 

Permainan kreatif begini saat ini telah banyak di jual di beberapa toko mainan anak paling dekat di rumah kamu. Mainan ini dapat berupa puzzle, kartu, balok-balok kayu, dan sebagainya. Janganlah lupa untuk tetaplah menyempatkan diri untuk buah hati dalam memainkan mainan-mainan ini, agar buah hati kita juga memperoleh banyak pengarahan dan pelajaran baru dari apa yang sudah mereka mainkan.

0 komentar: